Jumat, 30 Oktober 2009

Faedah mengutamakan kehidupan akhirat

FAEDAH MENGUTAMAKAN KEHIDUPAN AKHIRAT

Sebaliknya, orang yang memiliki cita-cita dan keinginan yang kuat untuk mendapatkan kebahagian di akhirat, akan mendapatkan berbagai macam kemudahan dan ketenteraman serta kekuatan hati dalam menjalani kehidupan di dunia, sebagaimana sabda Rasûlullâh saw. :

“Dan siapa-saja yang niat atau tujuan hatinya kepada akhirat, maka Allâh (pasti) akan mengumpulkan semua persoalannya, lalu Dia jadikan kekayaan di dalam hati orang itu, dan dunia pun akan datang dan tunduk kepadanya”.
(H.R. Ibnu Mâjah juz II hal. 1375 no. 4105. Lihat Al-Ahâdîtsush-Shahîhah juz II no. 950)

Ada 3 (tiga) keistimewaan yang diperoleh oleh siapa-saja yang bercita-cita dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat, yaitu :

4 Semua persoalan hidupnya akan ditanggung dan diselesaikan oleh Allâh. Sudah tentu ia akan merasa ringan dan tenteram dalam menjalani kehidupannya.
4 Allâh akan memberikan kekayaan dalam hatinya, yaitu kekayaan batin, sehingga ia merasa puas, tidak merasa kekurangan. Dan inilah kekayaan yang sesungguhnya, sebagaimana sabda Rasûlullâh saw. :


“Kekayaan itu bukan (terletak) pada banyaknya harta, tetapi (hakikat) kekayaan adalah kekayaan (kepuasan) jiwa (batin)”.
(Muttafaqun ‘alaih. Lihat Riyâdush-Shâlihîn hal. 520)

4 Dunia akan datang kepadanya dengan tunduk. Artinya, ia akan dimudahkan untuk mendapatkan semua kebutuhan, yaitu sarana dan prasarana untuk menjalankan aktifitas dan meningkatkan kualitas kehidupannya di dunia.

Inilah 3 (tiga) keistimewaan yang diinformasikan oleh Rasûlullâh saw. bagi siapa-saja yang memiliki cita-cita atau motivasi dan usaha yang sungguh-sungguh untuk memperoleh kebahagiaan akhirat. Asy-Syaikh Abûl-Hasan An-Nadawî (rahimahullâh) mengatakan, bahwa kekuatan seorang mu’min dan rahasia kemenangannya terletak pada keyakinannya yang kokoh akan adanya kehidupan akhirat, dan terletak pula pada harapannya yang tiada putus-putus ingin memperoleh imbalan pahala dari Allâh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar